Saturday 15 March 2014

Balajar Bersama

                                              *ADSMINITRASI JAUH*

NOC (Network Operations Center)
 1. Pengertian : adalah menggunakan dan mengendalikan komputer dari jarak jauh namun harus terhubung dengan jaringan komputer.

 2. Kegunaan : bisa digunakan dan dioprasikan dengan jarak jauh atau di luar ruangan    NOC
 
3. Aplikasi :
    a. Tidak aman (teks polos tidak terinkripsi)
        -telnet
        -ftp
        -r-tool : rsh,rlogin,rcp
    b. Aman terenkripsi(komunikasi jaringan yang jelas dan mudah dimengerti)   sedangkan tidak terenkripsi (susah untuk diketahui dan dimengerti).

4. ssh ada 2 yaitu.
    a. ssh server:
        # apt-get install openssh-server
    b. ssh client:
       # apt-get install openssh-client

Openssh : sebuah versi gratis dari alat konektivitas SSH yang penguna teknis internet mengandalkan. OpenSSH juga menyediakan kemampuan tunneling aman dan beberapa metode otentikasi, dan mendukung semua vers protokol SSH.Tim lain kemudian mengambil versi bersih dan membuatnya portabel (menambahkan "goop") untuk membuatnya berjalan pada banyak sistem operasi - rilis yang disebut "-p". Perangkat lunak ini dikembangkan dinegara-negara yang mengizinkan ekspor kriptografi dan bisa digunakan secara bebas dan kembali bisa digunakan oleh semua orang di bawah lisensi BSD. Namun, pengembangan memiliki biaya,OpenSSH mencakup kemampuan untuk meneruskan terpencil TCP port melalui terowongan aman. Ini digunakan untuk multipleks koneksi TCP tambahan   melalui koneksi ssh tunggal, menyembunyikan koneksi dan enkripsi protokol yang dinyatakan tidak aman, dan untuk menghindari firewall. Sebuah X Window System terowongan dapat dibuat secara otomatis ketika menggunakan OpenSSH untuk terhubung ke host remote, dan protokol lainnya, seperti HTTP dan VNC  dapat diteruskan dengan mudah.

(Sumber: http: en.wikipedia.org/wiki/openSSH)
http://www.openssh.com

SCP: di gunakan untuk menyalin file/berkas dari satu server ke suatu komputer atau juga di sebut dengan salin berkas dari satu komputer ke komputer yag lain

 contoh:
 #scp/home/nassruyoman/picture/gambar1.jpg root@192.168.12.12:/var/www/gambar1.jpg
        opsi :
 #scp [opsi] {[pengguna@]host1 :]gambar1.jpg...[[pengguna@]host2:]gambar1.jpg
        opsi :
            -p
            -r
            -c

Catatan: anda tidak dapat menggunakan opsi -p untuk menjaga kepemilikan berkas dengan menggunakan scp, ketika berkas di salin ke sistem lain berkas tersebut akan dimiliki oleh akun yang mau ke sisitem tersebut.




Catatan :

1.Agar server bisa di remote melalui SSH,maka SSH harus sudah terinstall
   # apt-get install ssh-server

2. Apabila kita akan login ssh melalui root, pastikan root pada server sudah teraktifkan terutama pada ubuntu server/debian.
  # passwd root
   kemudian berikan password root.

3. Apabila kita pernah meremote melalui ssh, kemudia kita remote lagi dan gagal login, berarti kita di minta untuk menferifikasikan ID FIGERPRINT yang baru, maka FIGERPRINT yang lama yang akan terletak dj-ssh/know-hosts
 /etc/ssh/known_hosts) harus dihapus terlebih dahulu
  # rm -rf .ssh/known_hosts.


No comments:

Post a Comment

http://i622.photobucket.com/albums/tt309/kokobota/BISMILLAH.gif

Blogger templates

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Pages - Menu

Popular Posts

Followers

Popular Posts